09 April 2007

Salam Bataviase

Selamat jumpa Pembaca,

Di edisi ini kami mendapat kehormatan dengan hadirnya banyak tokoh dengan tulisan-tulisan menarik untuk direnungi. Ada Prof. Otto Soemarwoto dengan wacananya yang patut dikembangkan, pelukis dan sastrawan Danarto yang jazzy, dan Romo Mudji yang melihat lebih jauh dari yang terlihat. Wikana menyinggung suasana langit, Max de Bruijn mengusulkan identitas nasional, Vincent Liong bicara fenomena anak indigo, dan Ras Muhamad mengenai falsafah reggae.

cover story memang menengok pada fenomena reggae. Keberhasilan seorang Tony Q merambah internasional menyulut keteguhan pecinta reggae lain hingga bermunculan album reggae Indonesia yang bisa diperhitungkan. Di sisi lain, banyaknya anak dan remaja yang mengikuti sekolah-sekolah ballet memberi harapan cerah. Dalam rangka International Dance Day pada 29 April, bataviase specials nomor ini dikhususkan tentang mereka, disertai esai foto pebalet kembar Adella dan Alleta, hasil jepretan Iskandar Malaka.
Sebelum ada pengumuman resmi tentang calon gubernur, Rano Karno telah kami wawancarai untuk rubrik calon gubernur. Harapan kami tentunya calon-calon masih bisa ditambahkan dan Rano termasuk diantaranya. Partai politik jika tidak mempunyai calon, sepantasnya melamar kepada para kandidat, bukan sebaliknya.
Dunia masa lalu kami tengok melalui Citadelweg, Pasar Senen, dan Pabrik Opium. Sedangkan dunia luar kami singgung melalui Capoeira, World Major, Al Gore, Bus gandeng, Kartini Prize, dan Esplanade Theatre.... karena hingga akhir April ini kelompok musical dari Broadway, New York, manggung tidak jauh dari Jakarta. The Phantom of the Opera, musical karya Andrew Lloyd Webber, meski tidak digelar di Jakarta tetap kami informasikan. Alasannya, karena lumayan banyak diantara Anda yang bepergian ke Singapura, juga tidak sedikit yang ingin mengenal lebih jauh kehebohan The Phantom of the Opera yang digelar terus menerus selama 20 tahun ini.
Dan... masih cukup banyak tulisan lain mendampingi daftar agenda acara seni budaya di Jakarta sepanjang April-Mei ini.
Semoga berkenan di hati dan membangkitkan insprasi-inspirasi baru untuk berkarya.

Salam Bataviase.

Tidak ada komentar: