07 Januari 2007

Vienna New Year’s Concert

Konser Tahun Baru 2007 di Jakarta diselenggarakan Ananda Sukarlan pada 1 Januari di Hotel Nikko dan pada 3 Januari di Taman Ismail Marzuki. Di Wina, Austria, diselenggarakan setiap 31 Desember malam dan 1 Januari pagi, dibawakan oleh Wiener Philharmoniker dan disiarkan ke limapuluh negara.

Biasanya musik yang dimainkan adalah karya keluarga komponis Strauss, yaitu Johan Strauss I, Johan Strauss II, Josef Strauss dan Eduard Strauss. Bunga-bunga yang menghiasi gedung konser Wiener Musikverein adalah hadiah dari kota San Remo di Italia.

Setelah acara utama, para musisi mengucapkan selamat tahun baru, lalu acara ditutup dengan Blue Danube Waltz dan Radetzky March. Jika pada setiap pagelaran musik klasik penonton tidak mengeluarkan suara, maka pada momen penutup ini penonton secara tradisi mengiringi irama mars Radetzky dengan tepuk tangan. Dirigen pun akan membalikkan badan, memandu penonton. Pengecualian terjadi pada Tahun Baru 2005: untuk menghormati para korban tsunami, Mars Radetsky tidak diperformansikan.

Konser Tahun Baru di Wina pertama kali diselenggarakan pada 31 Desember 1939, di masa suram sejarah Austria. Semula ditujukan bagi audiens setempat untuk mengenang masa lalu yang lebih baik dan berharap akan masa depan yang lebih baik lagi.

Dirigen Konser 2007 adalah Zubin Mehta, music director American Youth Symphony. Ia kelahiran India, ayahnya adalah pendiri Bombay Symphony. Harga tiket antara 20 - 360 Euro, namun jauh-jauh hari sudah habis terjual. Untuk konser 2008, pemesanan tiket dibuka mulai 2 Januari 2007. Biasanya setiap kursi banyak pemesannya, sehingga harus diundi. [Wiener Philharmoniker, Sonyclassical, Wikipedia]

Tidak ada komentar: